Aderemi Adegbite

20151109 Aderemi

Aderemi Adegbite
“Al-Ikhlas: The Purity/The Refining”
Fotografi di atas sabak doa
Kolaborasi dengan : Uche Okpa-Iroha, & SAKI

Karya Aderemi Adegbite ini mengulik perkara yang tidak jarang meninggalkan luka, luka bangsa dan luka budaya, yang pernah dialami oleh Indonesia dan Nigeria. Ia percaya bahwa luka bangsa harus dijadikan sarana pembelajaran serta menjadi katalis dalam gerak sejarah. Dalam hal ini ia menitikberatkan pada persoalan agama dan militer, karena keduanya merupakan rezim yang cukup kuat hidup dalam nadi masyarakat di kedua negara. Satu hal yang mutlak dialami masyarakat ialah reposisi, yang dilakukan dengan mempertemukan masa lalu dan masa depan. Proyek Aderemi Adegbite ini merupakan upaya dalam menggali kemungkinan- kemungkinan tersebut. Meski membicarakan masalah makro, ia menelusurinya lewat narasi- narasi kecil yang hidup di sekitar kita. Narasi yang bisa ditemukan di ruang tamu rumah atau bahkan tempat tidur kita. Ia menelusurinya lewat arsip- arsip foto keluarga sambil mempercayai bahwa persoalan politik makro sekalipun bisa dirasakan dan ditangkap dari hal-hal yang personal.

Lahir di Lagos pada tahun 1982, Aderemi Adegbite ialah seorang fotografer, penggiat seni pertunjukan serta seni video. Ia mempelajari seni secara otodidak. Ia menempatkan fotografi sebagai sarana untuk meleburkan masyarakat dan wacana. Aderemi memulai karir artistiknya dengan terlibat dalam proses teater. Pameran tunggalnya yang berjudul “N65”, yang diadakan di Goethe Institut Lagos, Nigeria dan di Goethe Institut Dakar, Senegal pada tahun 2012 meraih penghargaan dari Emerging Human Rights Activists award of the World Youth Movement for Democracy 2012 Photo Contest. Ia juga mendapat banyak kesempatan untuk mengerjakan proyek fotografi baik dari institusi seni dan media, dan telah memamerkan karyanya dalam skala lokal maupun internasional.

Sebagai manajer seni, ia telah mengkoordinasi dan menghasilkan berbagai acara seni dan sastra, diantaranya ialah Poetry Potter, Lagos Poetry Festival, WordSlam, Fashion Revolution dan Fashion Revolution Reloaded dan P.A.G.E.S. Aderemi juga berpartisipasi di beberapa residensi dan workshop, baik di dalam maupun di luar Nigeria. Ia tinggal dan bekerja di Nigeria.