Ardi Gunawan

20151104_Ardi Gunawan_loress2

Ardi Gunawan
“Relocation For An Occasion #3”
Instalasi
Kolaborasi dengan: Wukir Suryadi
Kontributor karya seni: Agan Harahap, Bob Sick, Nindityo Adipurnomo, Yustoni Volunteero, Eddi Prabandono, Ibrahim, Agung Kurniawan, Titin Widiasih, dll.

Karya seni memiliki nilai yang berbeda, bahkan lebih tinggi, dibandingkan dengan benda-benda lainnya walau terbuat dari jenis material yang sama. Hal ini disebabkan oleh muatan nilai simbolis yang tinggi di dalam tiap karya seni. Nilai simbolis ini ditambahkan sedikit demi sedikit —oleh seniman, kurator, kritikus seni— di tiap proses produksi yang dilewati oleh karya seni tersebut. Proses produksi karya seni juga mencakup pengolahan material yang selalu meninggalkan sisa atau bahkan “sampah”. Apakah sampah-sampah ini masih menyimpan nilai, baik simbolis maupun material, yang dapat dimanfaatkan? Dalam karya ini, Ardi Gunawan mengumpulkan karya-karya seni dari studio-studio seniman di Yogyakarta dan mencoba mencari potensi nilai baru dari hal-hal yang sudah tidak dianggap berharga.

Ardi Gunawan ialah seorang seniman multi disiplin dan seorang guru. Ia memperoleh pendidikan seni secara formal dari Monash University, Melbourne, Australia. Melalui praktik berkeseniannya ia mengembangkan proyek-proyek yang berbasis pada proses. Karya Ardi yang dipamerkan berupa instalasi dan karya arsitektural yang proses penggaliannya dilakukan dengan serangkaian pelatihan yang melibatkan unsur angka, tugas serta  sederet aksi. Ia telah mengikuti pameran di dalam dan luar negeri. Ardi tinggal dan bekerja di Jakarta, Indonesia.