Emeka Udemba

20151109 Emeka Udemba

Emeka Udemba
“Street Slam”
Odong-odong, video, musik, camilan
Kolaborasi dengan: DJ Kawan Dolly


Emeka Udemba tertarik menginterogasi ruang publik serta hierarki yang hidup dalam institusi seni. “Street Slam” dikembangkan dari proyek seni publiknya yang berjudul “Molue Mobile Museum of Contemporary Art”. “Street Slam” mencoba untuk mendekatkan jarak geografis, budaya, dan permasalahan urban antara Lagos dan Yogyakarta melalui pemutaran video, fotografi, pertunjukan musik, dan makan bersama di sebuah odong- odong yang beroperasi di situs pameran dan ruang publik.

Emeka Udemba ialah seorang seniman yang memperoleh pendidikan seni secara formal di University of Lagos Nigeria. Seniman yang lahir pada tahun 1968 ini bekerja dengan medium instalasi, seni pertunjukan, fotografi, video dan drawing. Karya-karyanya sering menggali pertanyaan-pertanyaan yang mempertajam pengalaman individu maupun kolektif dalam menghadapi kuasa sosial, budaya dan politik.

Salah satu proyek menariknya yang masih berlangsung ialah Molue Mobile Museum of Contemporary Art. Ia telah meraih beragam penghargaan, beasiswa dan residensi. Selain itu ia juga terlibat dalam praktik kuratorial di ruang publik. Saat ini ia tinggal di dua tempat, yakni Freiburg, Jerman dan Lagos, Nigeria.