Segun Adefila

20151109 Segun

Segun Adefila
“Strategic Multilogue”
Video instalasi

Setiap kelompok masyarakat memiliki cara tersendiri dalam memahami lingkungan alam beserta sosialnya. Dalam pemaknaan bersama ini juga terdapat pemaknaan yang berlangsung di lingkungan terkecil, yakni diri dan tubuh. Tarian bertopeng Egungun telah lama menjadi bagian dari keseharian masyarakat Yoruba, Nigeria dan dipraktikkan untuk kepentingan bersama. Tarian ini biasanya dilakukan sebagai bagian ritual “membersihkan” lingkungan dari hal-hal yang dianggap negatif, acara perayaan kelahiran ataupun kematian, medium pembawa pesan dan harapan, hingga festival. Dalam “Strategic Multilogue”, Segun meneruskan tradisi Yoruba dalam memahami dunia. Pemahaman tentang dunia ini tentu dilakukan dengan memahami dunia kecil manusia, yakni tubuh dan diri. Proses penggalian dan pemahaman diri ini juga dilakukan sambil memperlebar kemungkinan bernegosiasi dengan ruang.

Segun Adefila ialah seorang koreografer dan sutradara teater. Pertemuannya dengan seni pertama kali dimulai sejak kecil, saat ia berpartisipasi dalam sebuah festival tradisional. Pendidikan informal dalam kesenian teater ia dapatkan melalui keterlibatannya di Black Image Theatre Company. Di bulan Juni tahun 2006 ia membentuk Crown Troupe of Africa dengan beberapa temannya bersama dengan komunitas tempat ia tinggal. Segun percaya dengan keberlangsungan seni sebagai sarana dalam mentransformasi masyarakat dan itulah alasan utamanya dalam menciptakan karya yang mempunyai pengaruh sosial, memicu diskusi sekaligus memberdayakan. Pada tahun 1997, ia menempuh pendidikan formal di bidang teater di Pusat Kajian Budaya University of Lagos yang kini sudah tidak ada lagi. Ia kemudian mendapatkan gelar sarjana dari departemen Seni Kreatif University of Lagos pada tahun 2002.

Sepanjang karirnya sebagai seniman ia telah banyak berproses dengan bidang yang menggabungkan banyak aspek kesenian, mulai dari tari, drama, musik dan seni rupa. Selain bekerja dalam kelompok dan menciptakan pertunjukan, ia juga banyak diundang sebagai koreografer maupun fasilitator dalam program dan pertunjukan, baik di Nigeria dan di luar Nigeria. Segun Adefila tinggal dan bekerja di Lagos, Nigeria.