Victor Ehikhamenor

20151109 Victor

Victor Ehikhamenor
“The Wealth of Nations”
Instalasi, drawing, drum, air
Kolaborasi dengan : Maryanto dan WASH (Weekly Art Sharing)

Pada tahun 1998, tiga minggu setelah Suharto lengser, Presiden Nigeria Sani Abacha dikabarkan meninggal karena serangan jantung. Indonesia dan Nigeria sama-sama memasuki tahapan dan sejarah baru, lepas dari rezim otoriter yang telah berpuluh tahun berkuasa. Selain persamaan itu, kedua negara ini sama-sama menghasilkan minyak. Keberadaan minyak inilah yang sedikit banyak menentukan posisi Indonesia dan Nigeria di hadapan pasar dan politik internasional. Isu inilah yang menjadi latar belakang dari karya Victor, “The Wealth of Nations”. Ia menggunakan drum sebagai medium utama instalasi karyanya. Selain karena kekuatan asosiasi medium ini pada isu yang dibicarakan, drum juga memiliki nilai historis tersendiri bagi Victor. Setelah perang Biafra, proses eksekusi para tahanan politik maupun pelaku kriminal dilakukan dengan menggunakan drum sebagai alat bantu dalam mengikat para terhukum tersebut.

Victor Ehikhamenor ialah seorang perupa, fotografer sekaligus penulis, yang lahir di Edo State, Nigeria. Ia meraih gelar Sarjana Sastra Inggrisnya dari Ambrose Ali University. Ia juga memperoleh gelar Master of Science dari jurusan Manajemen Teknologi serta gelar Master of Fine Art jurusan penulisan kreatif dari University Of Maryland, College Park, USA. Karya-karyanya banyak dipengaruhi oleh kepercayaan Afrika serta nilai-nilai dari Barat. Sebagai penulis ia telah menghasilkan beberapa karya fiksi serta esei kritis yang diterbitkan di jurnal-jurnal akademik, majalah arus utama serta koran bertaraf dunia, seperti New York Times, CNN Online, Washington Post, Farafina, AGNI Magazine dan Wasafiri Magazine.

Victor merancang suratkabar Next Nigeria, satu-satunya suratkabar yang sangat kritis yang pada bulan September 2011 dibredel oleh pemerintah. Karya-karyanya banyak dijadikan ilustrasi dalam editorial juga dijadikan sampul buku oleh penulis-penulis seperti Chimanmada Adichie, Helon Habila and Chika Unigwe. Bukunya yang berjudul ‘EXCUSE ME!’- kumpulan tulisan don fiksi yang berisi pandangan hidup Viktor melihat persoalan di Nigeria dan dunia menjadi buku yang diwajibkan oleh dua universitas di Nigeria. Ehikhamenor mempertahankan kedua studionya yang berada di Lagos, Nigeria dan di Maryland, US.