Biennale Equator Untuk Anak Muda

20151109 Biennale Untuk Anak Muda

Simulasi Konferensi Asia Afrika Masa Depan oleh Pelajar-pelajar SMA Yogyakarta

Bagian dari Program Edukasi Publik Biennale Jogja XIII yang diperuntukkan khusus bagi para pelajar SMA di Yogyakarta.

Berangkat dari premis pertanyaan yang sederhana, seperti apakah bila remaja usia SMA di daerah Yogyakarta membayangkan penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika di tahun-tahun yang akan datang? Program ini disusun untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan di atas. Bekerjasama dengan perwakilan siswa dari SMA-SMA di Yogyakarta, mereka akan diajak melalui serangkaian diskusi dan workshop untuk memperkenalkan apa yang menjadi latar belakang Konferensi Asia Afrika dan kenapa penyelenggaraan konferensi Asia Afrika berpengaruh pada perkembangan dunia.

Setelah melalui tahap pengenalan, para siswa ini akan diajak berbicara tentang cita-cita dan harapan mereka pada penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika di masa depan. Hasil dari diskusi tersebut akan dipresentasikan dalam bentuk simulasi Konferensi Asia Afrika Masa Depan. Simulasi Konferensi Asia Afrika Masa Depan akan berisikan materi berupa kumpulan pidato dan naskah pembicaraan dalam Konferensi Asia Afrika di tahun 1955 dan 2015 yang akan “diberi” konteks baru oleh para siswa SMA di Yogyakarta.

Penyelenggaraan “Konferensi Asia Afrika di Masa Depan” ini dapat disaksikan oleh umum dan harapannya dapat diselenggarakan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, dengan menggunakan sistem lomba debat. Dengan penyelenggaraan simulasi semacam ini, para siswa dapat belajar sejarah dengan cara yang baru dan segar, selain itu mereka juga dapat mempraktikkan materi tentang teater dan pertunjukan dengan cara yang berbeda dengan pertunjukan teater biasanya.