YOGYAKARTA BIENNALE FOUNDATION

LOWONGAN TERBUKA

poster residensi bangalore 2014RESIDENSI SENIMAN, AKTIVIS SENI, dan KURATOR ke BANGALORE (INDIA)

Yayasan Biennale Yogyakarta (YBY) bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta (Disbud DIY) pada tahun 2014 ini menyelenggarakan inisiatif kerjasama kebudayaan dengan negara-negara di lingkup Khatulistiwa yang menjadi bagian dari konsep Biennale Jogja seri Equator. Biennale Jogja seri Equator yang dirancang sejak 2011 terus menerus dikaji, dikawal, dan dikembangkan penyelenggaraannya hingga tahun 2021 nanti. Kerjasama antara YBY dan Disbud DIY tersebut adalah pertukaran program residensi antara seniman/kurator/aktivis penyelenggara kesenian Yogyakarta dengan Lembaga Seni di Bangalore (India); jaringan kerja aktivisme kesenian di Kairo (Mesir) dan Antananarivo (Madagaskar). Program ini dibuka dengan lebih dahulu menjaring seniman peminat kerja residensi seniman Yogyakarta selama 1 (satu) bulan.

Residensi Seniman dari Yogyakarta di Banglore (India). Tersedia untuk 1 (satu) seniman.
Residensi ini berbasis interaksi dengan komunitas dan lingkungan medan sosial kesenian di kota Bangalore. YBY bekerja sama dengan lembaga 1Shanthiroad pimpinan Suresh Jayaram (www.1shanthiroad.com) sebagai host. Program Residensi ini sangat cocok untuk seniman-seniman perupa dengan basis media apapun. Terutama bagi mereka yang bekerja dengan tidak banyak tergantung pada fasilitas studio.

1. Fasilitas untuk seniman:

a. Akomodasi selama 30 hari
b. Waktu residensi 15 September – 15 Oktober 2014
c. Uang saku
d. Dana produksi karya
e. Presentasi berupa pameran selama 6 hari di Yogyakarta pada tanggal 24-29 November 2014
f. Tiket Jogja – Bangalore PP
g. Biaya pembuatan visa

2. Persyaratan:

a. Batasan umur 24 – 50 tahun, aktif berkarya, membangun karier keseniannya selama tiga tahun terakhir ini dalam lingkup domisili di Propinsi DIY, aktif berkomunikasi dalam bahasa Inggris.
b. Lamaran residensi ini terbuka untuk semua seniman seni rupa (atau semua seniman yang berkarya dalam lingkup pemikiran kerja kreatif seni rupa), meliputi disiplin media seni lukis-patung-grafis, video, instalasi, drawing, animasi, performance dan multimedia dalam lingkup seni rupa
c. Mengirim lamaran program residensi YBY dengan melampirkan:

      1. CV
      2. Foto diri
      3. Profil karya yang menunjukkan kedalaman fokus perhatian pada kreasi dan rekreasi kerja kesenian selama tiga tahun terakhir.
      4. Membuat proposal rencana kerja sederhana yang memuat alasan minat-minat, dan harapan pada bekerja sebagai seniman residensi selama satu bulan di Bangalore. Proposal juga menyertakan rencana pameran presentasi hasil kerja residensi.
      5. Semua berkas ditulis dalam bahasa Inggris dan dikirim ke alamat Kantor YBY (d.a Taman Budaya Yogyakarta, Jl. Sriwedani No. 1, Yogyakarta) atau melalui email (ybiennaleyog@yahoo.com) selambatnya pada 23 Agustus 2014
      6. Seniman terpilih akan diumumkan pada tanggal 30 Agustus 2014, melalui email.

Kontak person:
Alief Nurunnahdliyah (Koordinator Program)
Yayasan Biennale Yogyakarta
d.a Taman Budaya Yogyakarta
Jl. Sri Wedani No. 1, Yogyakarta
Telpon. 0274 587712
Hari Kerja:
Senin-Jumat / 09.00 – 17.00 WIB

 
karya prila Dwi Oblo artist talk indra arista PE deka exis_arief sukardono 1M karya jasmina_Dwi Oblo__MG_0696 1M karya duto_Arief Sukardono_DSC_3861 1M award pencapaian djoko pekik_Dwi Oblo__MG_6417