Radhika Khimji (OMN)

Safe Landings
2010
Site-specific installation
Installation view at Biennale Jogja XII, 2013
Dimensions variable

 

Radhika Khimji dilahirkan Juli 1979 di Muscat, Oman. Dia lulus dari The Slade School of Fine Art tahun 2002, mendapatkan Diploma Pasca Sarjana dari Royal Academy of Art London pada 2005, dan menerima gelar Master Sejarah Seni dari University College of London tahun 2007. Karya Radhika telah dipamerkan baik dalam pameran tunggal maupun pameran bersama di Inggris, Eropa, Amerika, India, dan Timur Tengah. Radhika Khimji telah menyelenggarakan lima pameran tunggal, yang terbaru adalah Found Gesture di Katara art Center, Doha (Qatar) tahun 2012, sedangkan pameran bersama yang terakhir diikutinya adalah Experiment 2 Immigrants di Venezia Italia pada 2013, dan Loss for Words di Mumbai India pada 2012. Radhika adalah seniman konseptual, karyanya merupakan percampuran berbagai medium; cat, kolase, fotografi, motif abstrak, dan patung; melebur sebagai instalasi dalam kerangka fisik atau ruang. Karya-karya Radhika Khimji adalah kolaborasi kontemporer dari pemikiran dan perasaannya mengenai identitas, terinspirasi oleh citraan dari budaya populer, dan terpengaruh latar belakang multi-budayanya, eksotika India, dan kebudayaan Oman.

Safe Landings (2010) adalah karya instalasi site specific yang terdiri dari bentuk potongan tubuh yang sedang bergerak -dia sebut sebagai ‘shifters’-, dan lapisan tambahan berupa parasut. Karya tersebut mewakili pertanyaan Radhika mengenai identitas biografi seorang seniman, dan hubungannya dengan proses pembuatan karya. ‘Shifter’ dalam Safe Landings adalah kumpulan gestur yang terbebas dari label, terlepas dari konteks, nama dan nilai budaya, dan merupakan deskripsi sisi dalam ruang psikologis. Ia bukan gambar, bukan lukisan, dan bukan patung; senantiasa berada di batas antara, dan lolos dari kategorisasi. Karya tersebut membahas permasalahan kontemporer dan historis, sembari terus berusaha terlepas dari belenggu stereotip tertentu. Parasut memberikan dinamika dalam Safe Landings, yaitu pada nuansa kedatangan dan perubahan pada ruang yang dia datangi. Karya ini terasa lebih sebagai sebuah proses kedatangan daripada sebuah tindakan menetap.