Reza Afisina a.k.a. Asung (IDN)

Guerrilla Organic
2013
Installation comprising
video, mirrors and performance
Variable dimension

 

Reza Afisina, yang lebih akrab dikenal sebagai Asung, lahir di Bandung. Dia pindah ke Jakarta untuk belajar Sinematografi, jurusan Suara dan Dokumenter di Institut Kesenian Jakarta tetapi tidak lulus. Semasa kecil Asung sering bergelut dengan rasa sakit akibat alergi. Dia lantas belajar mengendalikan dan berfokus pada rasa sakitnya, dan sejak saat itu dapat mengubah rasa sakit menjadi apapun. Dia sering menggali tema rasa sakit ini dalam blog, foto, seni performans, atau instalasi. Asung menyadari isu ekspresi seni kontemporer dan relevansinya pada kehidupan masyarakat sehari-hari. Karya performansnya, baik yang direkam dengan video sebagai bagian dari instalasi, atau ditampilkan langsung di ruang umum, seringkali bertujuan memancing reaksi spontan penonton; misalnya empati dasar seperti iba, takut, marah, jijik, senang atau sedih. Asung menggunakan empati pribadi tersebut sebagai jalan masuk yang efektif menuju diskusi sosial yang lebih luas dan mendalam.

Untuk karya berjudul What, Asung menampar wajahnya sendiri saat sedang membacakan isi kitab suci, berulang-ulang, dan terus menerus. Dalam Easy Time with Parenthood (2012), Asung ditato dengan prosa dari buku tulisan Julio Cortazar, sedangkan gambar close-up proses tato tersebut ditembakkan langsung ke dinding terdekat untuk meningkatkan pengalaman menonton.

Selain aktif dengan ruang inisiatif seniman, ruangrupa di Jakarta, Asung juga dikenal sebagai DJ amatir yang tampil di pesta-pesta dan acara seni rupa setempat.

Reza Afisina a.k.a. Asung1

OpeningBJ_16iyong_MG_3725